Administrasi Online

Administrasi online adalah sarana kemudahan bagi mahasiswa dan staf departemen untuk mengakses keperluan administrasi secara efisien dan efektif. Berikut adalah pilihan layanan cepat :

Adapun layanan online pendukung lainnya seperti

1. Absen Online
Absen online memudahkan administrasi kehadiran dosen dalam tiap perkuliahan serta membantu meningkatkan kedisplinan pengajar. Fasilitas ini hanya dapat digunakan oleh pengajar FEUI, yang notabene memiliki account pengajar.
2. Silabus
Fasilitas ini memungkinkan mahasiswa, pengajar, maupun karyawan untuk mendownload silabus pengajaran dengan memasukkan account UI masing-masing.
3. SIAK NG
Sistem Informasi Akademis merupakan sistem “Single Sign On”; yaitu satu akses dengan hanya menggunakan satu user id dan password untuk semua layanan. Untuk dapat menggunakan semua layanan online kampus, civitas academica harus memiliki accountnya masing-masing. Seorang mahasiswa baru otomatis akan mendapatkan akun single sign on saat pendaftaran.
4. Scele UI
Fasilitas Student Centered e-Learning Environment (SCeLE) dapat digunakan oleh pengajar dalam memberikan pengajaran baik secara langsung maupun tidak kepada mahasiswa. Fasilitas ini memungkinkan pengajar memberikan materi tanpa langsung bertemu muka dengan para mahasiswanya.
5. EDOM UI
Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa (EDOM) merupakan instrumen untuk menilai kinerja dosen dalam proses pembelajaran di akhir semester. Penggunaan Edom merupakan salah satu bentuk komitmen FEUI untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran dan kinerja para pengajar, sehingga diharapkan dengan berpartisipasi mengisi EDOM, mahasiswa nantinya dapat merasakan peningkatan mutu yang berkelanjutan.
6. SIPEG UI
Aplikasi SIPEG (Sistem Informasi Kepegawaian) Universitas Indonesia adalah aplikasi berbasis web yang digunakan untuk menunjang proses administrasi kepegawaian di Universitas Indonesia. Fungsi SIPEG antara lain untuk menunjang dan mempercepat proses promosi pegawai, baik jabatan, pangkat dan gaji. Selain itu SIPEG juga membantu dosen dalam penghitungan angka kredit kumulatif dan merekapitulasi kegiatan-kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.SIPEG dapat membantu penyebaran berita dari pihak Universitas ke Fakultas dan pegawai secara lebih cepat.
7. Yudisium
Aplikasi Yudisium berguna untuk melakukan pendaftaran secara online.
8. Webmail
Webmail merupakan fasilitas Mail Universitas Indonesia yang dapat digunakan di mana saja dengan menggunakan penjelajah (browser) kesayangan Anda. Untuk menggunakan Webmail, Anda cukup memasukkan login UI dan sandi Anda pada kotak sebelah kiri. Aplikasi Webmail UI saat ini menggunakan teknologi SquirrelMail.
Cara lain untuk mengakses adalah dengan menggunakan aplikasi pelihat ratron. Berikut ini aplikasi yang sering digunakan: * Mozilla Thunderbird, * Microsoft Outlook Express

9. GRID (grid.ui.ac.id) adalah sistem informasi berbasis web yang digunakan sebagai fasilitas untuk memberikan informasi kepada seluruh anggota peneliti. Grid Computing Research Group adalah sebuah kelompok penelitian di Fasilkom UI yang memfokuskan penelitiannya pada Grid Computing. Infrastruktur Komputasi Grid yang dibangun di atas INHERENT, dan dapat menjadi media komputasi eksternal seluruh dosen UI.

10. IT Training Center (ittc.ui.ac.id) Seiring perkembangan dunia Teknologi Informasi yang semakin pesat, Universitas Indonesia menyediakan yang berpusat di gedung Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia untuk menjawab kebutuhan tersebut. Training Center ini tersedia di Universitas Indonesia Kampus Depok dan Jakarta Pusat (Jl. Salemba Raya), dengan suasana studi yang dirancang sedemikian rupa sehingga memberi kenyamanan dalam proses belajar.

11. SI Jurnal Universitas Indonesia (journal.ui.ac.id) merupakan sistem informasi berbasis web yang digunakan sebagai fasilitas untuk menampilkan seluruh isi jurnal Makara UI. Jurnal Makara merupakan jurnal ilmiah yang menyajikan artikel tentang pengetahuan dan informasi riset atau aplikasi dan pengembangan riset terkini. Terdapat 4 (empat) jurnal ilmiah yang dikembangkan menurut bidang yakni Makara Seri Sains, Makara Seri Teknologi, Makara Seri Sosial Humaniora dan Makara Seri Kesehatan

12. Sistem Prestasi Mahasiswa (presma.ui.ac.id) adalah sistem informasi berbasis web yang digunakan untuk mengadministrasi data non-akademik mahasiswa. Sistem ini digunakan oleh mahasiswa untuk mendapat pengakuan secara resmi dari universitas atas prestasi yang diraihnya, dan digunakan pula oleh universitas untuk talent scouting.

13. Repository UI (repository.ui.ac.id) adalah aplikasi berbasis web yang berguna untuk menampung seluruh dokumen arsip yang dimiliki Universitas Indonesia. Kategori koleksi yang disediakan antara lain: Buku, Jurnal, Abstrak Penelitian, Artikel, Peraturan, Panduan, Laporan, UI-Ana, dan Materi Kuliah.

14. Peninjauan Nilai. Mahasiswa berhak meminta peninjauan nilai akhir. Prosedurnya adalah sebagai berikut :

  • Mahasiswa mengambil formulir peninjauan nilai di Bagian Administrasi Pendidikan (Formulir Permohonan Peninjauan Ulang Nilai)
  • Mengisi dan mengembalikan formulir peninjauan nilai ke Program Studi paling lambat 7 hari setelah pengumuman nilai dikeluarkan
  • Peninjauan nilai akan dikomunikasikan kepada dosen oleh Program Studi
  • Hasil peninjauan nilai disampaikan oleh dosen kepada Program Studi. Program Studi mengevaluasi kewajaran hasil peninjauan nilai
  • Program Studi memutuskan hasil peninjauan nilai
  • Hasil peninjauan oleh Program Studi bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.

 

© 2016 Sistem Informasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia | Maintenance By : Humas Management | Support By : Indra Febria Widy