Sambutan Ketua Departemen Manajemen

Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) adalah salah satu departemen di bawah FEB UI yang bertugas mengkoordinasi pengelolaan program pendidikan administrasi bisnis dan manajemen di Universitas Indonesia. Perkembangan Departemen Manajemen FEB UI dan unit-unit dibawahnya telah mewarnai perkembangan bisnis dan ekonomi di Indonesia.

 

Di masa depan, Departemen Manajemen FEB UI akan menghadapi banyak tantangan. Di sisi permintaan, permasalahan di dunia manajemen semakin kompleks dan kompetitif menyebabkan makin tingginya tuntutan kompetensi bagi tenaga kerja di bidang manajemen. Di samping itu, arus digitalisasi dalam dunia usaha menuntut tingkat literasi teknologi tenaga kerja yang lebih tinggi dari sebelumnya. Di sisi penawaran, persaingan antar universitas penyedia tenaga ahli manajemen pun semakin ketat, melibatkan tidak hanya universitas di Asia Tenggara, namun perguruan tinggi terkemuka di dunia. Universitas-universitas ternama di dunia pun saat ini sudah mulai mempersiapkan diri untuk beroperasi di Indonesia.

 

Mengantisipasi tantangan masa depan seperti itu, Departemen Manajemen FEB UI harus bekerja lebih keras dan cerdas, memadukan potensi yang dimiliki oleh unit-unit dibawahnya serta sumber daya yang ada, untuk menghasilkan program pendidikan berkualitas yang mampu membekali lulusan level manajer dan pemimpin di Indonesia dengan kompetensi agar dapat bersaing di tingkat global. Hal ini juga disertai dengan kerjasama internasional dengan berbagai lembaga terkemuka. Arahan tersebut selaras dengan upaya pencapaian Positioning FEB UI sebagai “Internationally Respectable Teaching and Research Faculty” yang utama di Asia Tenggara dan Asia Timur. Sebagai flag carrier of the nation, FEB UI di masa datang diharapkan semakin mengukuhkan reputasinya sebagai tolak ukur pengembangan tradisi akademik di tingkat nasional, regional maupun internasional. Selain itu, FEB UI dapat pula berperan sebagai trend-setter yang sangat berarti dalam pengembangan ilmu pengetahuan melalui penyelenggaraan Tri Dharma perguruan tinggi.

© 2020 Sistem Informasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia