Maksimalkan Penggunaan Teknologi untuk Publikasi Ilmiah, MRC FEB UI Selenggarakan Lokakarya Systematic Literature Review

Maksimalkan Penggunaan Teknologi untuk Publikasi Ilmiah, Manajemen Reseach Center Selenggarakan Lokakarya Systematic Literature Review 

Melva Costanty – Humas FEB
[DEPOK] Penyusunan tinjauan literatur merupakan bagian penting dari sebuah penelitian ilmiah. Tinjauan literatur akan mendukung pemecahan masalah yang diteliti sekaligus memahami permasalahan lebih dalam sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah. Namun, untuk mendapatkan menyusun literatur yang baik perlu banyak membaca dan hal ini membutuhkan waktu lama. Oleh karena itu, memaksimalkan penggunaan teknologi disarankan untuk membantu menyusun dan mempersingkat waktu yang dibutuhkan dalam menyusun tinjauan literatur.
Menyadari hal ini, Indonesia Capital Market Review (ICMR), Management Research Center, Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia menyelenggarakan Lokakarya Systematic Literature Review dengan Menggunakan NVIVO di Lab. Komputer, Gedung A, FEB UI, Kampus Depok (5-6/12/2019).
Zaafri Ananto Husodo, Ph.D, Chief Editor Indonesia Capital Market Review menyampaikan pengenalan Indonesia Capital Market Review dan jurnal-jurnal yang dikelola Management Research Center, FEB UI serta proses publikasi artikel ilmiah. Zaafri juga menyampaikan salah satu kesalahan yang sering dilakukan dalam menulis jurnal ilmiah di Indonesia adalah fokus pada metode penelitian dan melupakan topik yang bagus. “Mereka itu senang sekali menggunakan metode-metode yang canggih, yang bahkan mungkinsebenarnya tidak perlu. yang mereka lupakan itu seringkali adalah topik yang bagus. Topik yang bagus, dengan question yang bagus. Itu bisa di dapatkan di literature review yang bagus,” tambahnya.
 
Dr. Sari Viciawati Machdum, peneliti sekaligus dosen Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Indonesia memberikan pengenalan tinjauan literatur. “Kajian literatur meliputi seberapa dalam Anda mengetahui topik penelitian, konsep dan teori apa yang relevan dengan penelitian Anda, metode penelitian apa yang telah dilakukan terkait tema penelitian serta apakah ada yang belum diketahui mengenai topik penelitian Anda?”
Sari juga memberikan contoh dari pengalamannya melakukan penelitian.
Fulgensius Surianto, S.Fil., M.Kesos bersama asisten pengajar, Marsianus Wawo Daso, S.Fil, memberikan pengenalan dan panduan penggunaan aplikasi NVIVO untuk memaksimalkan Systematic Literature Review.
Aplikasi ini sangat membantu dalam mengolah dan menganalisis data kualitatif dan metode campuran, termasuk dalam melakukan Literature Review. “Software ini sangat kualitatif, tetapi bisa juga untuk penelitian metode campuran. Selain itu, aplikasi ini sangat tepat untuk membuat peneliti dalam melakukan literature review, mulai dari menemukan kesenjangan penelitian, kebaruan penelitian sampai pada melakukan sintesis literatur. Peneliti dapat dengan mudah melakukan semua pekerjaan sulit itu dengan NVivo. Tidak hanya itu, NVivo dapat memberi reason yang jelas, tepat, dan logis terhadap temuan yang ada dalam literature review. Intinya NVivo dapat menghasilkan literature review yang berkualitas”, ujar Fulgensius.
Peserta dari kegiatan ini merupakan mahasiswa pascasarjana, S2 dan S3, serta dosen-dosen yang sedang melakukan penelitian.
Acara ini merupakan rangkaian acara yang diselenggarakan oleh Management Research Center, setelah sebelumnya MRC juga menyelenggarakan ASEAN Marketing Journal Mini Symposium 2019 di The Margo Hotel, 26-27 November 2019.

Comments are closed.

© 2020 Sistem Informasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia